People Management dalam Proyek Tim

Free Vector | Business team putting together jigsaw puzzle isolated flat vector illustration. cartoon partners working in connection. teamwork, partnership and cooperation concept (freepik.com)

People management, suatu skill yang dilakukan secara sadar ataupun tidak sadar, terutama saat melakukan proyek bersama tim. Namun tidak hanya proyek, pekerjaan apapun yang dilakukan bersama-sama juga terdapat unsur people management di dalamnya. Buat yang belum paham, mari kita bahas bersama-sama, apasih people management dan contoh pengalaman saya sendiri bersama tim proyek yang sedang saya lakukan.

Apa itu People Management?

Terdapat beberapa definisi untuk people management, namun secara keseluruhan, people management adalah skill mengatur, memotivasi, dan mengarahkan tim untuk meningkatkan produktivitas kerja dan mendorong pertumbuhan secara profesional.

Di dalamnya, terdapat unsur-unsur menciptakan relasi antar tim dengan baik, membantu rekan tim, dan memahami kesulitan dan kesusahan yang dialami rekan.

Aspek Penting dalam People Management

Terdapat lima aspek penting dalam people management. Aspek-aspek yang bisa dibilang sebagai 5C tersebut adalah Create, Comprehend, Communicate, Collaborate, dan Confront. Saya juga akan menyertakan pengalaman pribadi saya saat melakukan proyek bersama tim saya sebagai contoh people management.

What is People Management? Complete Process with Best Practices | Toolbox Hr
  • Create — membentuk tim yang efektif

Jika tidak ada orang di dalam tim, maka tidak bisa melakukan people management. Maka dari itu, awal dari people management yang baik adalah membentuk tim yang baik pula. Mengetahui tujuan dari tim dan tiap anggota dari tim adalah kunci untuk membentuk tim yang efektif.

Pada proyek tim yang sedang saya jalankan, mencari anggota tim bukanlah hal yang mudah. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, misalnya tingkat kepercayaan saya terhadap calon anggota tersebut, seberapa dekat saya dengannya, perlu juga memikirkan role-role dari tiap calon anggota tim agar proyek berjalan secara lancar dan kinerja yang efektif.

  • Comprehend — memahami tim

Untuk melakukan people management secara efektif, perlu juga memahami masing-masing anggota dalam tim. Kita perlu memperhatikan sifat-sifat, motivasi, serta perilaku dari tiap anggota. Untuk melakukannya, kita perlu mendekatkan diri ke orang tersebut. Mendengarkan dan membantunya agar lebih memahami tiap anggota.

Cara saya untuk mendekatkan diri dengan tiap anggota tim saya adalah dengan membuat lelucon, hal tersebut membuat suasana kerja menjadi lebih santai. Namun bukan berarti saya membuat lelucon setiap saat, ada waktu untuk serius dan ada waktu untuk bercanda. Saya juga berusaha membantu anggota tim saya apabila mereka kesulitan dalam mengerjakan sesuatu.

  • Communicate — komunikasi secara efektif

Cara kita berkomunikasi dengan tim akan berpengaruh terhadap cara kerja kita dengan tim. Berkomunikasi secara efektif meliputi memberi feedback yang baik serta menyampaikan pesan secara jelas. Berkomunikasi secara efektif juga merupakan kunci untuk memahami tim lebih baik lagi, sesuai yang sudah dijelaskan di atas.

Cara saya berkomunikasi dengan tim saya adalah menggunakan platform group call. Mengingat saat ini kita sedang berada di masa pandemi, bertemu tatap muka menjadi kurang memungkinkan untuk dilakukan. Maka dari itu, saya dan tim saya membuat grup di platform Discord untuk berkomunikasi via voice chat.

  • Collaborate — kerjasama secara efektif

Proses mengurus dan mengatur tim tidak bisa dilakukan sendiri, perlu juga bantuan dari tiap anggota tim. Kesuksesan adalah team-effort, begitu pula kegagalan. Maka dari itu, kolaborasi dan kerjasama yang efektif adalah hal yang penting dalam people management. Untuk meningkatkan efektivitas tim, setiap anggota perlu diberikan tanggung jawab dalam tim sehingga tercipta kolaborasi tim yang efektif.

Cara saya dan tim saya menciptakan kerjasama yang efektif adalah dengan komunikasi yang baik, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Kami juga mengadakan rapat mingguan untuk membahas dan melakukan pekerjaan secara bersama. Selain itu, ada juga pembagian role dalam tim sehingga tiap anggota memiliki tanggung jawab sendiri.

  • Confront — menghadapi perbedaan antar anggota tim

Setiap anggota itu memiliki perbedaan, bisa sifat, perilaku, ataupun kemampuan. Untuk menciptakan tim yang kokoh dan kuat dalam berkomitmen, kita perlu mengoptimalkan tiap perbedaan ini dalam people management. Dengan perbedaan-perbedaan tersebut, pasti cara tiap orang melihat dan bertindak terhadap sesuatu juga berbeda. Hal ini dapat menyebabkan konflik antar anggota tim. Kemampuan untuk menyelesaikan konflik tersebut adalah hal penting dalam people management karena dapat berakhir dengan tim yang negatif dan saling membenci atau tim yang kuat, saling menghargai, dan efektif.

Cara Meningkatkan Kemampuan People Management

Setelah mengetahui aspek-aspek penting dalam people management, perlu juga membuat perubahan agar dapat meningkatkan kemampuan kita dalam people management. Terdapat beberapa cara untuk melakukannya, yaitu sebagai berikut.

  • Kuasai satu keterampilan dulu

Menguasai satu keterampilan dalam people management lebih baik dari mengetahui namun tidak menguasai beberapa keterampilan. Di awal, coba untuk sempurnakan satu keterampilan terlebih dahulu sebelum mempelajari dan melatih keterampilan lain.

  • Belajar dari ahli people management

Untuk mempelajari kemampuan people management, tidak selalu bisa dilakukan sendiri. Kadang kita membutuhkan orang yang sudah ahli untuk mengarahkan dan mengajarkan kita people management. Carilah ahli atau mentor yang tepat dalam people management agar lebih mudah memahami serta mengasah kemampuan agar lebih baik lagi.

  • Bertanya ke manager lain

Selain mentor, dalam people management kita juga bisa menanyakan sesama manager tentang pemahamannya. Cara orang belajar itu berbeda-beda, bertanya dan meminta saran dari manager lain yang sudah lebih berpengalaman akan memberi insight mengenai kemampuan people management.

Sekian penjelasan saya mengenai people management dan cara melatih diri agar menjadi people manager yang lebih baik. Semoga dapat membantu dan tidak membingungkan. Terima kasih.

https://images.app.goo.gl/h1wWWHj81h2dYceM9

Referensi:

I am a student in Fasilkom UI